10 Nama Makanan Yang Cukup Rempong dan Terkadang Salah Diucapkan

MakassarOke – Pernahkah kamu salah dalam menyebutkan menu makanan yang ingin kamu pesan? Tak dapat dipungkiri, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang mengalami hal tersebut saat berkunjung ke sebuah restoran. Deretan nama menu yang ditulis dengan bahasa asing sering membuat beberapa orang salah dalam melafalkannya.
Padahal di balik kejadian itu, sebenarnya kamu tahu betul bentuk dari makanan tersebut. Tapi karena tidak tahu bagaimana mengucapkan kata yang tepat, kamu pun terpaksa melafalkannya dengan pelafalan yang salah.
Jika tak ingin hal ini terjadi untuk yang kesekian kalinya, maka ketahui dulu penyebutan beberapa nama makanan berikut agar nantinya kejadian yang sama tak terulang lagi. Dilansir The Dailymeal, ini sederet nama menu makanan asing yang sering salah diucapkan:
1. Bruschetta
Bruschetta
Makanan ini tak hanya sering salah dilafalkan, tapi juga sering salah diartikan oleh masyarakat. Kamu mungkin lebih mengetahui Bruschetta sebagai nama dari roti panggang yang ditaburi dengan topping potongan tomat dadu di atasnya. Padahal, Bruschetta merupakan nama dari roti panggangnya itu sendiri. Aneka topping bisa kamu tambahkan, baik manis atau asin sesuai selera kamu. Jika selama ini banyak orang yang melafalkannya “brush-etta”, namun sebenarnya kamu harus menyebutkan “bruce-KAY-tuh“.
2. Espresso
espresso
Bagaimana kamu biasa menyebutkan sajian kopi yang satu ini? Espresso seringkali diucapkan dengan penambahan X di bagian tengah kata sehingga banyak orang yang menyebutkannya salah dan justru terdengar seperti “expresso”. Padahal pelafalan yang tepat adalah “es-PRESS-oh” dengan penekanan di bagian kata tengahnya.
3. Chipotle
chipotle
Makanan yang satu ini mungkin masih terdengar cukup asing di telinga penduduk negara Asia. Chipotle adalah cabe yang memiliki rasa pedas sangat kuat dan umumnya disebutkan sebagai smoked jalapeño atau jalapeño asap. Cabai ini juga sering salah dilafalkan karena kebanyakan orang menyebutkannya “chip-ole-tey” dan seharusnya dilafalkan “chip-oat-lay“. Tak sulit bukan?
4. Gnochi
gnochi
Kepopuleran pasta yang satu ini memang belum bisa mengalahkan spaghetti atau fetuccine. Namun, gnochi juga sering digunakan dalam hidangan Italia. Tak begitu dikenalnya gnochi sebagai golongan pasta membuat masyarakat awam masih dalam pelafalannya. Huruf ‘g’ pada kata Gnochi seharusnya tidak perlu dibaca. Kamu harus melafalkannya dengan tepat, yaitu “NYUK-ee“.
5. Phở
pho
Sajian mi berkuah bening ini berasal dari Vietnam. Tekstur mi yang lembut serta irisan daging premium yang berpadu dengan gurihnya kuah kaldu membuat hidangan ini semakin populer. Namun sayangnya, kepopulerannya tak disertai dengan pelafalannya yang benar. Masyarakat seringkali salah saat menyebutkan Phở dengan pelafalan yang terdengar seperti “foe”. Karena Phở seharusnya dilafalkan “fuh“.
6. Açai
acai
Termasuk ke dalam golongan superfood, Açai merupakan buah tropikal yang biasa disajikan sebagai smoothie yang lezat. Buah berry yang satu ini sering salah disebutkan. Umumnya, orang-orang melafalkannya sebagai “acai” padahal pelafalan Açai yang tepat adalah “uh-SY-ee“.
7. Foei Gras
foie-gras
Sepertinya Foei Gras adalah makanan yang lumayan paling sering salah dilafalkan. Biasanya, orang-orang akan menyebutkannya sesuai dengan tulisan yang mereka baca tanpa mengetahui pelafalan yang sebenarnya. Foei Gras yang sering ditemukan di aneka hidangan berkelas seharusnya dilafalkan “FWAH GRAH“. Bagaimana? Sudah benar menyebutkannya?
8. Macaron
macaron
Kue mungil asal Prancis ini juga sering salah disebutkan. Bahkan, kebanyakan orang juga salah dalam membedakan antara macaron dan macaroon. Macaron sering disebutkan dengan pelafalan ‘ng’ di bagian ujung kata dan membuatnya terdengar seperti “macarong” padahal pelafalan yang benar adalah “mack-uh-HRON“.
9. Mascarpone
mascarpone
Bagi yang suka membuat kue keju atau kue tiramisu tentu sering menggunakan Mascarpone sebagai bahan tambahan pembuatan cheesecake dan tiramisu cake. Meski sering menggunakannya, tapi bagaimana kamu melafalkan bahan makanan ini? Sepertinya masih banyak yang belum tahu jika Mascarpone dilafalkan “moss-car-POE-nay“.
10. Poke
Poke
Menu Poke Sushi mungkin sudah sering kamu temui. Terbuat dari potongan dadu ikan salmon mentah dan disajikan bersama irisan sayuran lainnya seperti mentimun, paprika dan taburan biji wijen, Poke merupakan makanan asal Hawai yang sangat terkenal. Namun, Poke rupanya masih sering salah disebut oleh masyarakat. Pelafalan Poke yang benar adalah “POH-kay“, dan banyak orang yang justru menyebutkannya “pokey”.
Jadi, makanan mana yang paling sering salah kamu ucapkan?

LEAVE A REPLY