Jelang Liga 1, PSM Berharap PSSI Berbenah Soal Wasit dan Jadwal

MakassarOke, Makassar — Sebelum Liga 1 kembali bergulir, PSM ingin PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI berbenah soal wasit asing dan pengaturan jadwal kompetisi.

Hal itu diungkapkan CEO PT Persaudaraan Sepakbola Makassar (PSM), Munafri Arifuddin yang mengatakan, penyelenggara liga harus berlaku adil soal pemakaian wasit.

“Kalau satu laga pakai wasit asing, laga lainnya semua harus pakai wasit asing juga. Kalau mau pakai wasit lokal, wasit yang punya potensi kita coaching atau pelatihan dulu. Karena memang kalau mau menghadirkan wasit bagus butuh kemampuan, terutama ketenangan menangkal pengaruh-pengaruh dari luar,” papar Appi seperti dikutip dari Online24jam.com.

Sementara soal jadwal kompetisi, musim 2018 nanti akan berbeda dari musim lalu. Pasalnya, PSSI menyatakan kembali akan menggulirkan Piala Indonesia, kompetisi resmi yang panjang dan melibatkan klub Liga 1 hingga Liga 3 tahun 2018.

Hal ini tentu akan membuat klub-klub disibukkan dengan jadwal padat. Namun, di mata Appi, hal tersebut bukanlah masalah. Asalkan operator liga menyusun jadwal pertandingan sesuai aturan FIFA dan digelar di akhir pekan.

Sebab menurutnya, menggelar pertandingan di tengah pekan atau pada jam kantor tentu akan merugikan klub dari segi pemasukan uang tiket saat melakoni laga kandang.

“Kalau jadwal padat musim depan, saya sebenarnya yang penting konsisten dan mengikuti aturan baku dari FIFA. Contoh, jarak antar tiap pertandingan diatur. Livenya juga diatur, waktu pertandingannya diatur, kalau bisa weekend sore atau malam. Jangan pada saat jam kerja karena itu sangat merugikan,” jelasnya.

app-cicu-ads

LEAVE A REPLY