7 Makanan Wajib Konsumsi Jika Terserang Diare

MakassarOKE – Saat diare, ada makanan yang seharusnya kamu makan dan ada juga yang harus dihindari agar tidak makin parah. Saat diare, kamu butuh makanan-makanan padat yang mudah dicerna dan bisa mengurangi rasa sakit perut yang melilit. Ini makanan yang harus kamu makan saat sedang diare.

1. Nasi putih
Nasi putih adalah karbohidrat dengan serat yang mudah dicerna di dalam usus, apalagi jika dalam kondisi sedang bermasalah. Nasi juga jadi sumber energi yang bisa digunakan secara langsung karena biasanya saat diare orang mudah lemas dan kehabisan energi.

2. Roti
Roti tawar adalah olahan tepung terigu yang hampir sama dengan nasi, mengandung serat dan karbohidrat sederhana yang mudah dicerna dan membantu mengurangi derita diare. Roti tawar bisa dimakan dengan ditemani teh hangat yang manis.

3. Biskuit
Sama halnya dengan roti tawar, biskuit yang tinggi karbohidrat ini mudah dicerna usus. Saat diare, memang sebaiknya menghindari dulu makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah-buahan. Pilih makanan dengan sedikit serat atau yang mudah dicerna.

4. Kentang
Kentang juga jadi alternatif karbohidrat yang mudah dicerna saat diare. Kentang tinggi elektrolit dan kalium yang dibutuhkan untuk memberi energi tubuh dan melawan bakteri buruk di pencernaan.

5. Telur
Telur tinggi protein dan lemak yang bisa membantu membuat perut kenyang dan mengurangi derita diare. Lemaknya akan membantu menetralkan asam di lambung.

6. Kaldu ayam
Kaldu ayam atau sup ayam, bisa jadi makanan penyembuh alami karena mengandung lemak yang bisa mengurangi derita diare. Sup yang dinikmati hangat akan membantu mengurangi rasa pedih dan melilit di perut serta membunuh bakteri penyebab diare.

7. Pisang
Buah pisang sering jadi makanan yang dilarang saat diare, tapi makan sesekali boleh karena kandungan kaliumnya akan membantu menyembuhkan dan mengurangi derita diare.

Jadi, jika diare menyerang, jangan buru-buru beli obat, makan makanan di atas ya agar cepat sembuh.

LEAVE A REPLY