Plogging Yuk ! Bisa Olahraga Sambil Memungut Sampah

MakaassarOke – Olahraga menjadi bagian penting dari gaya hidup orang-orang zaman now. Tak jarang muncul tren olaharga tertentu yang kemudian viral di Instagram. Jika Anda ingin kekinian sekaligus mempromosikan gaya hidup ramah lingkungan, tren ‘plogging’ boleh dicoba. Tren tersebut memaksa Anda untuk jogging sambil memungut sampah yang bukan hanya baik untuk diri sendiri tapi juga orang sekitar.

Tren plogging pertama kali muncul di Swedia. Plogging sendiri berasal dari kata ‘plocka upp’ yang artinya memungut sampah. Kini tren olahraga sambil pungut sampah tersebut sudah dilakukan di banyak kota di dunia, mulai dari London, New York, hingga Prancis. Pecinta olahraga di berbagai belahan dunia pun banyak memamerkannya di Instagram. Bagaimana dengan Jakarta?

Bukan sekadar untuk pamer di Instagram, plogging tentu punya manfaat untuk kesehatan. Tren olahraga tersebut menggabungkan dua latihan sekaligus yakni lari dan squat. Karena saat plogging, orang-orang akan jogging atau berlari lalu melakukan gerakan squat atau jongkok setengah ketika ada sampah untuk memungutnya.

Plogging pun menjadi cara mudah untuk menyehatkan badan dan membantu membersihkan lingkungan. Yang dibutuhkan hanya sepatu lari dan plastik atau tas untuk mengumpulkan sampah. Jika tak mau tangan kotor karena memegang sampah, Anda bisa memakai sarung tangan atau membawa hand sanitizer ketika melakukannya.

Biasanya plogging dilakukan di taman atau lingkungan perumahan. Tak jarang tren jogging sambil pungut sampah ini juga dilakukan bersamaan dengan kegiatan komunitas lain yang sama-sama bermanfaat untuk lingkungan.

Di Instagram, cukup banyak orang yang memamerkan plogging. Sejumlah orang terlihat menunjukkan plastik berisi sampah dengan pakaian olahraga. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri bisa berolahraga sekaligus melakukan sesuatu yang baik untuk lingkungan. Mau mencoba tren olahraga plogging di Indonesia?

LEAVE A REPLY