Jangan Gunakan Kuas Kotor Saat Make Up , Berbahaya !

MakassarOke – Kapan terakhir kali Anda membersihkan kuas makeup? Penting untuk membersihkan kuas makeup secara rutin. Tidak hanya berisiko terhadap kerusakan pada kuas makeup namun juga kuas berisiko terhadap bakteri.

4-tips-bersihkan-kuas-make-up-dengan-bahan-alami-DIy

Kuas makeup yang kotor mengandung banyak bakteri yang menyebabkan masalah kulit dan infeksi. Selain itu, kuas makeup yang bersih akan membuatnya bekerja lebih baik akan tahan lama.

Dilansir dari Independent , Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk membersihkan kuas makeup.

make-up-brush-set-pink-660x390

  1. Waktu pencucian

Seberapa sering Anda membersihkan kuas makeup bergantung pada seberapa sering menggunakannya. Jika penggunaannya setiap hari, pencucian cukup dilakukan seminggu sekali. Terutama untuk kuas yang digunakan dengan formula produk makeup cair dan krim.

Sedangkan, untuk kuas yang digunakan dengan produk makeup berformula bubuk seperti eyeshadow atau bronze, cukup dibersihkan sebulan sekali.

  1. Pembersih yang digunakan

Untuk membersihkan kuas makeup, kini terdapat beragam jenis pembersih yang memudahkan Anda. Namun Anda tetap perlu memperhatikan jenis pembersih yang digunakan dan disesuaikan dengan jenis kuas yang digunakan.

Untu kuas yang terbuat dari rambut alami, sebaiknya gunakan pembersih yang lembut agar bakteri hilang tanpa membuat kuas rusak. Anda bisa menggunakan pembersih yang lebih keras untuk kuas yang terbuat dari rambut sintetis. Paling umum yang digunakan adalah sampo bayi.

  1. Teknik membersihkan

Membersihkan kuas pada dasarnya pembersih, air hangat, dan telapak tangan Anda. Cukup celupkan kuas satu persatu ke dalam air hangat. Pijat kuas dalam sabun dan putar kuas dengan lembut di tangan Anda dengan sabun. Kemudian bilas dengan air bersih.

Untuk pembersihan yang lebih dalam, Anda bisa menggunakan bantalan yang memiliki tekstur tertentu untuk memijat kuas dalam sabun.

  1. Teknik mengeringkan

Setelah kuas dibilas hingga bersih, peras dengan lembut air yang berlebih. Arahkan ke bawah atau gunakan handuk untuk menghindari air merembes. Pastikan pangkal kuas kering sempurna agar bulu-bulunya tidak rontok.

LEAVE A REPLY