Ditanya Terkait Program BPJS Kesehatan Gratis, BERSALAM Mampu Beri Penjelasan

MakassarOKE, Makassar – Pasangan Calon Bupati Pinrang dan calon  Wakil Bupati Pinrang nomor urut satu, Abdul Latif dan Usman Marham, mampu menjawab terkait pertanyaan yang diajukan oleh rivalnya terkait salah satu program unggulannya yaitu BPJS Kesehatan Gratis, dalam debat kandidat putaran kedua Pinrang yang digelar di Hotel Sheraton, Kota Makassar, Sabtu (9/6/2018).

Latif memaparkan, BPJS Kesehatan pada dasarnya ada yang ditanggung pemerintah dan ada juga yang ditanggung oleh masyarakat itu sendiri. Berdasarkan data, kata dia, saat ini ada 180 ribu lebih masyarakat Pinrang yang terdaftar dalam BPJS Kesehatan Mandiri. Sehingga, kata dia, hanya dibutuhkan sekitar 50 milliar setiap tahunnya untuk mewujudkan program tersebut.

“Yang jelas kami bertekad untuk membebaskan masyarakat Pinrang, dari pembayaran iuran BPJS. Karena, itu telah menjadi tekad kami sejak awal,” ungkapnya.

Latif menjabarkan, pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, merupakan salah satu upaya untuk melakukan pembangunan kemanusiaan. Sehingga, katanya, pemerintah berkewajiban memberikan hak-hak masyarakat dalam bidang kesehatan. Jika masyarakat sehat, jelasnya, maka masyarakat bisa tetap bekerja dan memiliki penghasilan, serta akan berbanding lurus dengan kemandirian masyarakat secara ekonomi.

Latif membeberkan, tidak boleh ada perbedaan masalah kesehatan, baik bagi yang mampu ataupun tidak mampu, sehingga semua masyarakat akan memperoleh pelayanan BPJS Kesehatan Gratis. Paling tidak, tambah dia, pemerintah telah berbuat kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

“Yang jelas, kami melakukan yang terbaik untuk masyarakat, karena itu prinsip. Terlebih, pemerintah bertanggungjawab untuk memenuhi hak dasar masyarakat, salah satunya yakni kesehatan,” tandasnya.

LEAVE A REPLY