Makassar Traditional Games Festival 2016 Kembali Akan Digelar

MakassarOKE, Makassar- MAKASSAR TRADITIONAL GAMES FESTIVAL atau disingkat MTGF, merupakan sebuah kegiatan atraksi tradisi budaya yang dilaksanakan oleh komunitas “Jalan-Jalan Seru Makassar”. Berawal dari sebuah kegelisahan akan mulainya terlupakan permainan-permainan rakyat (tradisional) yang merupakan salah satu dari sekian banyak warisan tradisi budaya dari para pendahulu kita.

Pelaksanaan MTGF tahun ini akan didukung penuh oleh Telkomsel dan Dinas Pariwisata Kota Makassar. Dalam festival ini, masyarakat khususnya pelanggan Telkomsel akan dibawa pada suasana beberapa tahun silam dengan mengingatkan permainan tradisional yang saat ini sudah jarang sekali dimainkan namun harus tetap dijaga kelestariannya karena merupakan warisan budaya Indonesia khususnya budaya Makassar. Selain itu, ada juga parade budaya, pasar kuliner tradisional dan modern, area kids corner, dan bengkel permainan untuk anak-anak.

Makassar Traditional Games Festival 2016  adalah penyelenggaraan yang ke lima setelah sukses diadakan tahun 2012, 2013, 2014 dan 2015.  Kegiatan MTGF 2016 ini akan di laksanakan di monumen Mandala pada tanggal 29-30 Oktober mendatang.

Menurut manager youth and Comunity Regional Sulawesi, Anton Mahendra, acara seperti ini sangat bagus dalam melestarikan budaya-budaya yang ada.

“Apa yang sudah menjadi budaya kita dorong di dunia digital. Kalau bisa kita kolaborasikan agar tidak hilang. Contohnya seperti kegiatan MTGF ini, ada berbagai macam permainan, bisa didokumentasikan kemudian disimpan di media sosial. 10 atau 20 tahun lagi kita masih bisa buka, bahkan sampai anak cucu kita nanti, masih bisa melihat dokumentasi permainan tradisional melalui media sosial,” jelasnya.

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Promosi Wisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar, Muhammad Roem, mengatakan bahwa acara ini bisa dijadikan icon touristik.

“Saya berharap ini bukan hanya dilakukan sebagai ajang pelestarian budaya tetapi juga bisa dijadikan sebagai icon touristik. Seperti tahun lalu ada orang dari San Fransisko yang dua hari berturut-turut ikut serta bermain di lapangan Rotterdam. Tahun ini semoga bisa lebih,” ujarnya.

Festival yang ditargetkan dihadiri 1.500- 2.000 pengunjung ini ditutup dengan malam puncak Parade Budaya Sulawesi Selatan yang dikemas dalam berbagai penampilan menarik dari sanggar-sanggar di Makassar.

Ketua Panitia MTGF 2016, Andi Farli Zull, menambahkan untuk membawa suasana silam para pengunjung, dianjurkan untuk mengenakan dress code bertema tradisional. Ada tiga pilihan, yaitu tema masa kecil, perjuangan, dan tahun 90-an. Dan inilah yang membuat penyelenggaraan Makassar Traditional Games Festival tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

LEAVE A REPLY