Minim Prestasi, Susy Susanti Bongkar Keburukan Atlet Bulutangkis Indonesia

MakassarOKE – Susy Susanti akhirnya blak-blakan membuka keburukan para pebulutangkis Indonesia yang berada di bawah pelatihan nasionan PBSI Cipayung, Jakarta Timur.

Menurut peraih medalui emas Olimpiade Barcelona 1992 itu, buruknya penampilan pebulutangkis Indonesia di berbagai kejuaraan dan turnamen dunia, tak lepas dari pola hidup dan pola latihan.

Susi mengatakan, masih ada saja pebulutangkis yang tak disiplin dalam latihan. Misalnya, ada pebulutangkis yang curang saat latihan kelincahan.

“Ada atlet yang merasa sudah latihan kok, sudah habiskan program. Tapi kualitasnya bagaimana? Belum lagi yang nyolong-nyolong, kalau latihan kelincahan enggak sampai garis, aturannya kan harus menyentuh garis. Padahal ini kalau di pertandingan banyak manfaatnya, menentukan posisi di mana dia menyerang,” kata Susy di situs resmi PBSI, Kamis 7 Februari 2019.

Yang anehnya, kata Susy, pebulutangkis yang tak disiplin sering dimarahi pelatih. Tapi mereka masih saja berulah. Apalagi jika pelatih tak mengawasi langsung di lapangan.

“Sudah dimarahi, tapi pelatih kan enggak bisa terus-terusan melihat satu-satu bolanya. Misalnya latihan tiga jam, tidak mungkin tiga jam ditongkrongin pelatih, pemain kan sudah dewasa juga, masa harus dilihatin terus menerus?,” ujarnya.

Susi menuturkan, kebiasaan seorang atlet saat latihan akan terbawa sampai mereka berada di lapangan pertandingan.

“Ingat, kebiasaan latihan akan terbawa ke pertandingan. Ada pemain yang bilang, ah ini kan cuma latihan, nanti kalau di pertandingan baru sungguh-sungguh, itu namanya mimpi!” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI itu.

Sumber: Viva

LEAVE A REPLY