Bertemu Menteri Susi, Akbar Faizal Minta Dibangun Pabrik Es di Pulau Liukang Pangkep

MakassarOKE, Jakarta – Kecamatan Liukang Tangngaya Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Kecamatan ini berjarak tiga hari minimal perjalanan laut dari Pangkep melintasi samudra. Tapi dari kota Mataram, NTB, cukup 7-8 jam perjalanan laut. Namun warga disini tetap memilih menjadi warga kabupaten Pangkep. Itulah mengapa Pangkep bernama Pangkajene Kepulauan. Satu kecamatan lainnya bernama Liukang Kalmas berjarak yang sama dari Makassar, namun lebih dekat dengan Kalimantan.

Warga yang tinggi di pulau tersebut rata – rata Nelayan, sumber penghidupannya berasal dari hasil tangkapan ikan dan kekayaan laut lainnya. Sebagai daerah yang memiliki sumber daya laut, sehingga keberadaan pabrik Es sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan.

Dua pekan lalu Anggota DPR-RI Akbar Faizal dihubungi seorang Kepala Desa dari kecamatan Liukang Tangngaya Kabupaten Pangkep, meminta kepada pemerintah agar dibangun pabrik Es.

Politisi NasDem itu saat bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyampailan kebutuhan nelayan di Pulau Liukang Pangkep, agar dibangunkan pabrik Es. Hal tersebut disampaikan Akbar Faizal kepada Menteri Susi saat bertemu di Sela – sela perayaan Ulang Tahun TvOne di Jakarta, Kamis Malam (14/02/2019)

“Nelayan di Pulau Liukang Pangkep
meminta pemerintah membangun sebuah pabrik es disana yang bisa memenuhi kebutuhan Ss 5-6 desa disana. Pabrik es ini sangat mereka butuhkan agar hasil tangkapan ikan mereka bisa dibekukan dan tak cepat membusuk saat mereka menjelajahi samudera untuk menangkap ikan. Sebuah kebutuhan dan keinginan yang sangat layak mendapat perhatian,” kata Akbar Faizal kepada Susi Pudjiastuti.

Dalam sebuah rekamam Video yang beredar di media sosial tanpa pikir panjang Menteri Susi setuju dengan sebuah syarat yang tak bisa ditawar-tawar, “Ikuti aturan dia dalam hal tata cara penangkapan ikan yang benar sesuai aturan yang telah dibuatnya,” kata Susi yang kemudian dijawab, Clear! oleh Akbar Faizal.

Namun Menteri Susi memintan kepada nelayan tertib dengan aturan dalam melakukan penangkapan Ikan.

Adanya respon baik dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Anggota Komisi III DPR-RI menyampailan salam hormatnya kepada masyarakat Pulau Liukang Pangkep.

“Kepada wargaku di Liukang Tangngaya, pesan penting kalian telah saya sampaikan kepada pihak yang paling kompeten bernama pemerintah sebagai pengguna anggaran. Seperti itu mekanismenya. Salam hormat untuk kalian disana yang tangguh dilautan menerjang ombak demi menghidupi keluarga,” tutup Akbar Faizal.

Sebelumnya Akbar Faizal pernah berkunjung Pulau Liukang Pangkep melihat kondisi masyarakat di Daerah tersebut.(*)

LEAVE A REPLY